Haiii... bulan Januari tahun 2019 berarti tentang memulai bulan baru di tahun yang baru. Ganti kalender, menulis do'a dan mengikuti challenge KIMI  di awal tahun yaitu BEBERES

Apaaaa??? Beberes TAS, DOMPET dan BAJU doang??? Cingcay atuh yaaa, secara udah 2 tahun ikutan challenge.

IIKhhh... bukan beberes macem ngerapihin aja yaa, tapi #DECLUTTERING

Decluttering adalah kegiatan di mana KITA membereskan rumah dengan mengurangi barang-barang yang tidak kita pakai atau tidak diperlukan lagi. 

Ini adalah tahun ketiga saya mengerjakan challenge BEBERES. Challenge BEBERES dua tahun terakhir ini bertepatan dengan saya pindahan rumah. Jadi banyak banget banget banget barang yang saya buang, donasi dan hibahkan. Khususnya barang-barang macem baju, sepatu, tas dan juga make up. Saya pikir saya sudah all out, karena berhasil menghempas sebanyak 2 koper baju tahun 2018 lalu tapi ternyata belum. Saya cek laci dan gantungan baju saya masih penuh. ( FYI, saya ga punya lemari baju.)

Ketika saya renungkan lagi, kok bisa yaa??? Mmmhh masalahnya adalah habit saya tidak berubah. Habis decluttering saya belanja lagi dan barang saya teteup aja banyak. Rumah juga rasanya berantakan mulu.Padahal udah pake teori one in one out lho.

Memilah barang dengan tolak ukur : fokus pada barang yang kita sukai, akan dipakai dan memang ingin kita simpan. Hempaskan barang yang tidak pernah kita pakai, pernah ga beli barang karena pas di toko barangnya OK, pas nyampe rumah trus ga sreg lalu ga dipake?? tapi teteup disimpen ?? dengan alasan siapa tau nanti butuh atau barang yang sudah rusak tapi teteup kita tumpuk ga kita buang juga. Perkara memilah ini sungguh melelahkan. Rasanya pengen KABUR aja, kebiasaan saya nih yang suka KABUR kalo ada masalah. 

Kenapa sih mau repot beberes kayak gini?? Emang si challenge ini apa pengaruhnya sama hidup kita??
Buat saya sih banyak. Yang pasti saya belajar tentang selfawareness belajar buat kenal sama diri sendiri, belajar untuk ikhlas melepaskan, belajar tentang LETTING GO juga tidak cinta akan barang. Yang pasti juga yang saya ingat adalah tentang HISAB di akhirat kelak.

Whooossaaahhh. Berat yaa topiknya padahal yang dibahas tentang BEBERES yang bisa jadi dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Klo beberesnya cuman merapihkan barang sih gampang yaa, yang sulit itu adalah jujur nanya sama diri sendiri, perlu ga barangnya??? Dan memilih yang betul-betul kita sukai dan memang kita pakai, apalagi klo barangnya penuh dengan kenangan. Duuhh, bisa mulai drama lebay prosesnya.

BEBERES DOMPET

Duluuu isi dompet saya penuh dan tebal. Tebel karena banyak duitnya yaaa??? AAMIIN, Banyak duit. Padahal pas dibuka isinya banyak SAMPAH. Isinya struk bon di berbagai tempat, kartu-kartu dan juga uang yang dilipet-lipet seenak udel saya.  

Sekarang, gimana isi dompet saya?? Masih tebal ahahhaa...setelah diberesin hanya ada uang secukupnya dan kartu-kartu saja. 
Kalo udah bepergian, saya mencoba disiplin buat mengeluarkan si berbagai struk bon dan saya rekap di catatan keuangan saya demi #menujubebasfinancial, kartu-kartu juga saya pilah yang memang sering saya gunakan dan uang yang tersimpan rapi.

Uang adalah energi, oleh karena itu perlakukanlah uang dengan baik.  

Uang disusun secara rapi di dompet, dimulai dari nominal terkecil hingga terbesar. Disimpan dengan posisi kepala dengan kepala lagi. Uang lebih rapi dan enak dilihat juga memudahkan kita pada saat transaksi. 

Uang koin biasanya jarang saya bawa, kalo ada kembalian biasanya saya kumpulkan di celengan atau dimasukkan ke celengan khusus untuk nanti disalurkan ke salah satu yayasan.

Oh iya, dari 5 koleksi dompet saya hempas 2 dompet saya. 1 saya jual preloved, Alhamdulillah laku dan ada yang mau beli, 1 saya hibahkan sementara 3 lagi saya pakai. 
Banyak amat dompet aja sampe 3 yaa??
1 dompet buat transaksi sehari-hari
1 dompet yang isinya berbagai mata uang asing ( tiap kali ke luar negri, kalo ada sisa uang suka saya simpen, karena saya percaya bakalan balik ke negara itu lagi. Semisal ke Saudi Arabia, saya simpenlah Riyal nya )
1 dompet yang lagi dibenerin, udah kusem. Klo nanti udah beres, nanti saya liat si dompetnya and does it spark of joy ?

Oh iyaa, ketika menghempas barang itu saya pake tips dari Marie Kondo, ngobrol sama barangnya dan bilang terima kasih. Aneh yaa, tapi saya lakuin juga sih bilang " Makasih sudah menemani hari-hari saya." sambil tersenyum.

Atas : dompet yang sampah bon sudah saya hempas, Bawah : Isi tas saya

FYI, itu si dompet yang sudah sukses saya jual preloved.

BEBERES TAS

Klo bepergian saya termasuk segala kudu dibawa dari dompet, STNK plus Kunci Mobil,  make up pouch, tisu basah - kering, HP, Tab dan juga oils. Rempong yaaa, belum lagi notes dan ballpoint, walopun hari gini serba digital saya mah masih perlu bawa kedua benda itu.

Sekarang lebih simple sih tapi yaa tergantung tujuannya pergi ke mana kalo mau pergi-pergi. 
Isinya palingan :
  
Dompet
STNK plus Kunci Mobil ( klo pas bawa mobil )
Make up pouch
Tisu basah - kering
HP
1 oil ( biasanya peppermint aja )

Koleksi tas saya ada berapa??? Buat saya 7 itu udah banyak banget loh. Bentar bukan 7 tepatnya ada lebih dari itu karena saya punya tas kecil-kecil buat ke pesta, buat jalan-jalan dan juga backpack. Aiihh, saya mulai  rieut.

Beberapa koleksi tas mau saya jual preloved, tapi yang yang nawar sadis-sadis euy. Contohnya Tas yang saya mau jual itu saya tawarin 1,3 juta eh yang nawar 500ribu. Tas yang saya jual original, masih bagus juga. Aduuhh, saya sempet senewen. Tapi ngapain juga saya pikirin yaa. Kalo ga deal mah ya udah weh ga usah transaksi.

Jual barang-barang preloved itu ternyata mengajarkan saya tentang beberapa hal, terutama berkaitan dengan bisnis online. Karena saya jual melalu market place, dan barang yang saya jual itu barang preloved alias bekas jadi yang datang itu rata-rata memang nawarnya sadis-sadis, giliran ada yang deal taunya PHP padahal udah ngasih alamat sama nomer HP dan janji mau transfer giliran saya tanya ga dibales-bales, atau ada juga yang maksa udah deal harga taunya maksa pengen turun lagi harganya. Seumur-umur saya nawar kayaknya ga pernah sesadis itu deh sama orang lain, tapi jadi pembelajaran juga sih buat saya.

Tapi ada juga yang baik, pas deal langsung transfer. Saya happy yang beli juga happy. Alhamdulillah.

Nanti saya sambung lagi yaaa

 

0 Komentar